Profil Lulusan Program Studi

Profil lulusan adalah postur yang diharapkan pada saat pembelajar lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran sesuai dengan jenjang KKNI. Profil Lulusan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa, adalah: Peneliti Hukum, Praktisi Hukum, Analis Hukum, dan Praktisi Hukum.

Untuk mempersiapkan profil lulusan, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa memprogramkan 5 (lima) bidang  Kekhususan, yaitu: Hukum Kepengacaraan, Hukum Pemerintahan, Hukum Bisnis dan Kenotariatan, Pengembangan Hukum Lokal,  dan Hukum Pidana

Untuk merealisasikan capaian pembelajaran sesuai dengan profil lulusan, Program Studi  Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa memberlakukan mata kuliah praktek kemahiran hukum, berupa Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH) yang dilaksanakan di Laboratorium Hukum yaitu: PLKH Hukum Bisnis, PLKH Kepengacaraan, dan PLKH Konsultan Hukum. Dosen yang dilibatkan dalam mata kuliah PLKH berasal dari kalangan praktisi hukum, seperti: Pengacara/Advokat, Notaris, Hakim, Pejabat Pemerintah di bidang Pertanahan, Praktisi Legal Drafting dan Penyuratan Awig-Awig. Mahasiswa lebih banyak diberikan pelatihan dan praktek dalam penyusunan dokumen hukum, seperti: kontrak, surat kuasa, gugatan, pembuatan awig-awig, penyusunan peraturan perundangan-undangan. Mahasiswa juga dilatih untuk memperagakan proses persidangan di Ruang Laboratorium Litigasi yang dirancang seperti ruang sidang pengadilan.

Mahasiswa juga diberikan mata kuliah praktek dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dengan cara menerjunkan mahasiswa pada institusi-institusi hukum, seperti : Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara, Kantor Penasehat Hukum/Advokat, Kantor Notaris, dan sebagainya.

Dengan dikeluarkannya Keputusan Rektor Universitas Warmadewa Nomor: 3364/Unwar/PD-02/X/2016 tertanggal 11 Oktober 2016 tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bagi Mahasiswa Universitas Warmadewa Program Sarjana (S1), maka bagi seluruh mahasiswa Universitas Warmadewa wajib untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), termasuk mahasiswa Program Studi  Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa. Dengan diberlakukannya Kuliah Kerja Nyata (KKN), maka untuk menghindari duplikasi program serta pertimbangan agar tidak memberatkan mahasiswa maka pelaksanaan KKL dikemas dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang pelaksanaannya disinergikan dengan pelaksanaan PLKH.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan yang memadai dan mampu bersaing di era global, para lulusan diwajibkan memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai bukti formal profesionalitas keterampilan kemahiran hukum lulusan. SKPI dapat diperoleh lulusan setelah mengikuti Pendidikan/Pelatihan yaitu: Pelatihan Mediator, Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), atau Legal Drafting.