Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.

Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) Universitas Warmadewa kembali menggelar pengabdian masyarakat (Pengmas) yang kali ini dilaksanakan di Balai Agung Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem Karangasem, jumat (24/6). Pengmas kali ini mengambil tema “Melalui Pengabdian Masyarakat Kita Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat dan Kebersihan Lingkungan”.

 

Mahasiswa dan dosen FH yang mengikuti PKM dilepas secara langsung oleh Dekan FH Unwar yang diwakili Wakil Dekan II FH Unwar, dihadiri Wakil Dekan I FH Unwar, Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum, dosen serta mahasiswa reguler B FH Unwar.

Dekan FH Unwar yang diwakili Wakil Dekan II FH Unwar A.A. Sagung Laksmi Dewi, SH.,MH., pada kesempatan tersebut mengatakan Pengabdian Kepada Masyarakat hari ini merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada PKM ini ia berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang didapatkan di bangku kuliah dan diimplementasikan di masyarakat, serta dosen yang telah menerapkan teori-teori yang diberikan di kampus kepada mahasiswa akan membagikan ilmunya kepada masyarakat yang memang membutuhkan topik-topik yang diminta oleh masyarakat setempat.

 

Mewakili Dekan Fakultas Hukum Unwar, hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan I, Dr.I Nyoman Gede Sugiartha, SH.,MH, Wakil Dekan II, A. A. Sagung Laksmi Dewi, SH., MH, Wakil Dekan III, I Made Minggu Widyantara, SH.,MH, serta para dosen dilingkungan Fakultas Hukum Unwar.

Disela-sela kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, Wakil Dekan III, I Made Minggu Widyantara mengatakan kegiatan yang merupakan salah satu dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini merupakan salah satu langkah dalam pemenuhan akreditasi A di Fakultas Hukum Unwar. Ditambahkannya, serangkaian pengabdian masyarakat kali ini, masyarakat serta tokoh desa setempat juga diberikan ceramah hukum terkait penguatan LPD yang diberikan oleh Dr. I Nyoman Sukandia, SH.,MH dan Dr. A.A Istri Agung, SH.,M.Kn. Selain itu , ceramah juga diberikan terkait pencegahan dan pemberantasan tidak pidana korupsi, dengan narasumber, Dr.I Nyoman Gede Sugiartha, SH.,MH, A. A. Sagung Laksmi Dewi, SH., MH, serta I Made Minggu Widyantara, SH.,MH.

“Dalam Pengmas kali ini juga diberikan ceramah mengenai pencegahan KDRT yang diberikan langsung oleh Dr. I Gusti Agung Ayu Gita Pritayanti, SH.,MH dan Kade Richa Mulyawati, SH.,MH,” ujar Minggu seraya menambahkan peserta yang mengikuti pengabdian masyarakat kali ini sebanyak 108 orang dari mahasiswa, dan dosen sebanyak 38 orang.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Karangasem, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd.,M.Pd memberikan apresiasinya kepada Fakultas Hukum Universitas Warmadewa karena telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Sibetan.

“Karena ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi yakni Universitas Warmadewa khususnya Fakultas Hukum bisa diaplikasikan dan diimplementasikan di masyarakat sehingga warga kami khususnya di Desa Sibetan mendapat manfaat dari kegiatan ini,” ucapnya.

Rasa terima kasih juga disampaikan Perbekel Sibetan, I Made Beru Suryawan. Dirinya berharap masyarakat Desa Sibetan dan tokoh yang telah menghadiri kegiatan ini mendapatkan pencerahan dan pengetahuan terkait bidang hukum. Dirinya juga berharap kedepannya kegiatan serupa dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga masyarakat secara rutin mendapatkan pengetahuan di bidang hukum.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Hukum Universitas Warmadewa sudah melakukan kegiatannya di Desa Sibetan ini,” ucapnya.

Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum Unwar juga dirangkai dengan penyerahan bantuan bibit pohon durian dan tempat sampah secara simbolis dari Fakultas Hukum Unwar kepada Perbekel Sibetan dan kegiatan kebersihan lingkungan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unwar.

Please follow and like us: