Penyerahan Proceding International Conference “Business Law and Local Wisdom in Tourism” dari Panitia Pengurus Proceeding kepada Dekan FH Unwar yang didampingi oleh Wakil Dekan II FH Unwar bertempat di Ruang Rapat Dekan FH Unwar pada Senin, 13 Desember 2021.

penyerahan Proceding International Conference “Business Law and Local Wisdom in Tourism” dari Panitia Pengurus Proceeding kepada Dekan FH Unwar yang didampingi oleh Wakil Dekan II FH Unwar bertempat di Ruang Rapat Dekan FH Unwar pada Senin, 13 Desember 2021.

Panitia pengurusan proceeding yang juga Kaprodi Magister Ilmu Linguistik (MIL) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) Dr. Mirsa Umiyati, SS.,M. Hum., mengatakan, keberhasilan pengurusan proceeding Seminar International Fakultas Hukum (FH) 2021 diterbitkan Atlantis Press ini berkat kerja sama dengan para mahasiswa MIL yang telah terlatih dan terampil bekerja sebagai editor jurnal dan proceeding, dukungan PPJ Unwar serta kerja sama dengan sejumlah Universitas lain. 

“Ini merupakan tahun ke-2 bekerja sama dengan FH Unwar mengawal dan mengantar artikel -artikel yg dipresentasikan dalam seminar international FH sampai di luaran berupa proceeding terindeks SCOPUS,” jelasnya. 

“Kami sangat salut FH yang berhasil menjaring ratusan artikel dari dalam dan luar gg dalam setiap penyelenggaraan Seminar Intenasional, dan memiliki komitmen tinggi untuk selalu mencpai output kegiatan berupa publikasi artikel dosen dan mahasiswa dalam proceeding terindeks SCOPUS,” imbuh Mirsa. 

Dekan FH Unwar Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH., MH., didamping WD II FH Unwar AA Sagung Laksmi Dewi, SH., MH., mengatakan International Conference yang ke-2 ini yang berjudul Business Law and Local Wisdom in Tourism ini memang menarik untuk dibicarakan secara international. 

FH Unwar, kata dia, mengundang 5 negara termasuk Indonesia menjadi suatu event yang bergengsi karena persyaratan international conference itu setidaknya ada 4 negara sebagai pembicara dan pembicara itu harus memiliki kompetensi di bidang topik yang diangkat. 

Topik ini memang sejalan dengan visi misi universitas dan fakultas sampai ke prodi yaitu bermutu, berwawasan ekowisata dan go global tahun 2034. Peserta seminar ini sangat banyak dari perguruan tinggi dimana lebih dari 100 makalah yang bisa terkumpul dengan waktu yang tidak terlalu lama. 

Materi yang diseminarkan ini memang menarik perhatian disaat pandemi covid seperti apa bisnis pariwisata kedepannya. Oleh karena itu banyak peserta dari luar Bali dan Bali bahkan di FH Unwar hampir 10046 mengikuti seminar ini. 

“Momen ini sebagai ajang akademis yang luar biasa untuk mengubah suasana akademik di Unwar yang umumnya khususnya di FH Unwar agar civitas tidak hanya belajar di bangku kuliah tetapi juga menuangkan apa yang selama ini didapatkan dengan kenyataan yang ada ditulis dalam sebuah artikel, kemudian artikel ini diseminarkan secara internasional,” ujarnya. Kemudian artikel ini diupayakan untuk difasilitasi untuk menjadi sebuah proceding International Conference ini yang tebalnya mencap 500 halaman lebih denga memuat 114 tulisan. “Dibandingkan dengan yang lalu, ini sangat luar biasa peningkatannya,” ungkapnya. rl/W-009. 

Please follow and like us: