Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Workshop “Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa”

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Workshop "Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa" di Ruang Jayasingha Mandapa Unwar pada hari Selasa, 16 Juli 2019.
Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Workshop “Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa”

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Workshop “Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa” di Ruang Jayasingha Mandapa Unwar pada hari Selasa, 16 Juli 2019. Acara dihadiri oleh Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, Dekan FH Unwar, Keynote Speaker, Para Narasumber, Pengadilan Negeri Denpasar, Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar, Kejaksaan Negeri Gianyar, Kejaksaan Negeri Denpasar, Pengadilan Agama Denpasar, Pengadikan Agama Badung, Pengadilan Negeri Tabanan, Pengadilan negeri Gianyar, PERADI, WD I, WD II, WD III Unwar, Ketua Lab. FH Unwar, UPM FH Unwar, Kajur dan Sekjur Ilmu Hukum FH Unwar, Dosen FH Unwar, Mhasiswa FH Unwar, Alumni FH Unwar, dan para undangan.

Drh. Sirin Wahyu Nugroho.
Direktur Pembelajaran Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan kemenristekdikti yang diwakili oleh Kasubdit. Pembelajaran Khusus Belmawa Menristek Dikti, Drh. Sirin Wahyu Nugroho.

Keynote Speaker dalam Workshop ini adalah Direktur Pembelajaran Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan kemenristekdikti yang diwakili oleh Kasubdit. Pembelajaran Khusus Belmawa Menristek Dikti, Drh. Sirin Wahyu Nugroho.

Narasumber Workshop ini adalah:
1. Dr. H. Fauzie Yusuf Hasibuan, SH., MH., Ketua Umum Pengurus DPN PERADI.
2. Prof. Dr. A. Rachmad Budiono, SH., MH., Ka. Prodi. S3 FH Univ. Brawijaya.
3. Prof. Dr. I Made Arya Utama, SH., M.Hum., Dekan FH UNUD.
4. Prof. Dr. Dewa Gede Atmaja, SH., MH., Guru Besar FH Unwar
5. Prof. Dr. Johannes Ibrahim Kosasih, SH., M.Hum., Guru Besar FH Unwar
6. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH., MH., Dekan FH Unwar

Dekan FH Unwar, Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH., MH., menyampiakan bahwa workshop yang diselengarakan selama dua hari dengan tema “Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa” untuk mengembagkan proses akademik di FH Unwar. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang pendidikan tinggi bahwa kurikulum harus disesuaikan pada jenjang S1 ,S2, dan S3 dalam rangka menyesuaikan kondisi pendidikan dengan kebutuhan di era globalisasi. Nantinya, kurikulum ini lah yang mampu menjawab perubahan dan kebutuhan stake holder.

Kegiatan workshop kurikulum merupakan kegiatan rutin yang diselenggakan FH Unwar. Dua tahun lalu, workshop pembahasan kurikulum dilaksanakan di luar kampus yaitu di Bangli untuk kurikulum S1 dan mengenai kurikulum magister S2 Prodi MKn. Dalam workshop kali ini juga akan membahas tentang kurikulum untuk Profesi Advokat dan S3 Ilmu Hukum. Kedua prodi ini untuk saat ini masih dilakukan pengusulan agar bisa di buka di FH Unwar.

Dengan mendatangkan Keynote Speaker dan Narasumber yang kompeten ini, serta mengundang stake holder dari luar yaitu dari Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Agama, PERADI, dan Pemerintah diharapkan dalam penyusunan Visi, Misi, Strategi, dan Kurikulum ini dapat memenuhi tuntutan perubahan di masyarakat dan sesuai dengan Visi Misi Unwar untuk mampu go global di tahun 2034. Fakultas sebagai badan yang berada di bawah Universitas, harus menyesuaikan dengan Visi Misi Universitas. Penyusunan kurikulum ini nantinya akan disesuaikan dengan Visi Misi serta kebutuhan di lingkungan kerja, sehingga lulusan dari FH Unwar mampu cepat diterima di dunia kerja dengan kompetensi yang dia miliki. Kedepannya FH Unwar akan selalu berbenah dan untuk target dalam waktu dekat ini, FH Unwar sedang membentuk Profesi Advokat dan S3 Ilmu Hukum. Sehingga sesuai dengan SDM dan sarana prasarana yang telah dimiliki FH Unwar, dua prodi ini dalam waktu dekat dapat dibuka di FH Unwar.

Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Workshop ini. Visi merupakan impian-impian yang inspiratif, sehingga Pimpinan di masing-masing Fakultas harus mampu menyusun Visi Fakultas yang bagus dan sejalan dengan Visi di Universitas. Visi yang baik memiliki beberapa kategori antara lain: singkat, jelas, mudah dimengerti, memiliki makna yang dalam dan luas, sesuai dengan tujuan fakultas, sesuai dengan SDM dan sarana prasarana.

Visi dalam menjalankan kegiatan akademik di Fakultas memiliki banyak fungsi khusus. Visi ini sebagai penunjuk arah dalam suatu institusi, sebagai motivasi dan memberikan motivasi kepada seluruh civitas didalamnya dalam mencapai tujuan. Dalam penyusunan Visi, Misi, Strategi, dan kurikulum ini harus bersifat fleksibel sesuia dengan indikator-indikator yang mampu memenuhi unsur-unsur dalam mencapai tujuan. Dalam mencapai tujuan harus adanya indikator yang spesifik dan dapat diukur, sehingga ada parameter dijadikan sebagai acuan dan evaluasi. Visi, misi, startegi, dan kurikulum yang disusun harus berorientasi masa kini yang telah disesuakan dengan Kemenristekdikti untuk dapat meningkatkan mutu budaya dan pola pikir. Selain itu, harus juga bersifat relevan. Sehingga semua lulusan mampu dengan cepat diterima di masyarakat dan dunia kerja khusunya. Harapannya dengan pelaksanaan workshop ini, seluruh civitas memiliki komitmen yang sama dalam mencapai ini Visi, Misi, Strategi, dan Kurikulum yang disusun sehingga FH Unwar mampu memperluas aksesnya dalam menyelenggarakan pendidikan akademik.

Direktur Pembelajaran Direktorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan kemenristekdikti yang diwakili oleh Kasubdit Pembelajaran Khusus Belmawa Menristek Dikti, Drh. Sirin Wahyu Nugroho, menyampaikan bahwa kegiatan Workshop dalam menyusun Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum merupakan hal yang sangat penting karena mempengaruhi kualitas penyelenggaraan akademik dan lulusan yang dihasilkan. Workshop ini juga menjadikan Perguruan Tinggi khusunya FH Unwar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki relevansi dengan dunia kerja sehingga lulusan perguruan tinggi itu langsung bisa terserap oleh dunia kerja dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Dalam menyusun Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum FH Unwar mampu mendukung pariwisata di Bali. Hal ini karena Bali yang dikenal sebagai obyek pariwisata internasional, sehingga penyelenggaraan akademik dan lulusan yang dihasilkan FH Unwar mampi mendukung terselengaranya pariwisata di Bali dan Indonesia secara umunya.

Pelakasanaan workshop ini diisi dengan dengan Penandatangan MoU dalam bidang penyelenggaraan Tri darmaperguruan Tinggi antara FH Unwar dengan Pengadilan Negeri Denpasar, Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar, Kejaksaan Negeri Gianyar, Kejaksaan Negeri Denpasar, Pengadilan Agama Denpasar, Pengadikan Agama Badung, Pengadilan Negeri Tabanan, Pengadilan Negeri Gianyar, dan PERADI.

Acara dilanjutkan dengan pemamaparan meteri oleh Keynote Speaker dan Narasumber. Penyelenggaraan Workshop Penyempurnaan dan Penyusunan Visi, Misi, Strategi Pencapaian, dan Kurikulum Prodi S1 Ilmu Hukum, Profesi Advokat, dan Prodi S3 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa akan dilaksanakan selama 2 Hari yaitu Selasa-Rabu, 16-17 Juli 2019 di Ruang Jayasigha Mandapa Unwar.

Please follow and like us: