Fakultas Hukum Universitas Warmadewa bekerja sama dengan Indonesian Institute For Conflict Transformation (IICT) Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Mediator di Hotel Puri Ayu Denpasar selama 5 (lima) hari mulai dari 25 Juli-30 Juli 2018.

Pelatihan Mediator di Hotel Puri Ayu Denpasar
Fakultas Hukum Universitas Warmadewa bekerja sama dengan Indonesian Institute For Conflict Transformation (IICT) Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Mediator di Hotel Puri Ayu Denpasar
 
Fakultas Hukum Universitas Warmadewa bekerja sama dengan Indonesian Institute For Conflict Transformation (IICT) Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Mediator di Hotel Puri Ayu Denpasar selama 5 (lima) hari mulai dari 25 Juli-30 Juli 2018.
Acara dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, WR I Unwar, Dekan FH Unwar, Direktur IICT Jakarta, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Pengadilan Agama Denpasar, Pengadilan Agama Badung, WD II FH, WD III FH, Dosen dilingkungan FH Unwar, dan 32 peserta Pelatihan Mediator dari Mahasiswa FH Unwar dan Masyarakat umum.
Dalam sambutannya Dekan FH Unwar menyampaikan bahwa kerjasama ini sudah berlangsung selama 12 tahun. Tujuan dari pelatihan mediator adalah memberikan wawasan dan pengetahuan tentang proses mediasi untuk mahasiswa FH Unwar dan masyarakat umum yang menjadi peserta pelatihan ini. Selain pengtahuan dan wawasan, peserta juga dibekali keterampilan dalam menyelsaikan masalah atau perkara dengan mediasi sebelum mencapai proses pengadilan. Seperti yang diketahui dalam menyelesaikan perkara beberapa pihak sebelum perkara tersebut masuk ke pengadilan, pihak tersebut dapat menyelesaikan perkara dengan cara mediasi. Penyelesain perkara ini dapat mengurangi kasus yang masuk ke pengadilan.
Mediator yang memediasi suatu perkara dapat dipilih oleh pihak yang memiliki perkara atau ditunjuk oleh Hakim Pengadilan. Sehingga pelatihan ini sangatlah penting untuk mahasiswa FH Unwar nantinya. Untuk peserta dari mahasiswa dan masyarakat umum pelatihan ini memberikan bekal keterampilan di bidang mediasi untuk dapat diaplikasikan secara langsung dalam praktek di luar dan dalam pengadilan dalam membantu para pihak mempercepat penyelesaian perkara.
Dalam sambutannya Ketua Yayasan yang diwakili Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali menyambut baik kegiatan ini. Harapannya agar terus mengalami peningkatan untuk jumlah peserta di setiap tahunnya. Pelatihan ini merupakan salah satu implimentasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa. Untuk seluruh peserta agar segala ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini agar dapat diaplikasikan di masyarakat. Sesuai dengan fungsinya mediasi ini menjadikan solusi dalam menyelesaikan perkara dengan catatan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Sehingga dari pelatihan ini peserta pelatihan harus bisa mengisi diri dan kemampuan untuk mampu eksis kedepannya di masyarakat.
Dalam sambutannya Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar menyampaikan kerjasama ini merupakan kerjasama dalam bentuk oprasional antara FH Unwar bersama IICT Jakarta. Pelatihan mediator ini memberikan tambahan keilmuan sesuai disiplin ilmu, keterampilan, sifat menjunjung tinggi kejujuran, serta menghargai pendapat. Seperti yang diketahui kedepannya masih banyak tantangan yang menuntut mahasiswa untuk berperan dalam membangun bangsa dan negara. Universitas sangat mengapresiasi kegaiatan seperti ini dalam menambah wawasan mahasiswa dalam membangun hukum dibalik banyaknya ada pertentangan. Sehingga sangat dibutuhkan adanya mediasi dalam menyelesaikan perkara.
Pelatihan Mediator di Hotel Puri Ayu Denpasar selama 5 (lima) hari mulai dari 25 Juli-30 Juli 2018.
Dalam sambutannya Direktur IICT Jakarta mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh FH Unwar untuk memberikan pelatihan Mediator selama 12 tahun. Pelatihan mediator ini dilaksanakan selama 5 hari yang diawali dengan pelatihan dan ujian. Dalam pelatihan ini akan lebih banyak melakukan praktik daripada teori dengan memberikan kasus-kasus tertentu. IICT Jakarta merupakan mitra terdekat dari Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dalam Pelatihan Mediator ini, peserta akan diberikan 2 sertifikat yaitu sertifikat untuk kehadiran peserta dan sertifikat kelulusan ujian mediator. Peserta yang sudah lulus pelatihan mediator nantinya dapat membuka praktek untuk mediator tanpa mencantumkan gelar mediator diakhir namanya, karena peserta hanya memperoleh sertifikat mediator dan hanya bersifat pelatihan.
Ketua Pengadilan Agama Denpasar dalam sambutanya menyambut baik kegiatan ini. Mediator merupakan tugas mulia dalam menyelesaikan masalah tanpa harus melalui pengadilan. Mediator dapat memberikan keuntungan kepada semua pihak yang bersengketa, sehingga penyelesaian maslah ini dapat dilaksanakan secara damai. Mediator juga dalam membantu menyelesaikan sebuah perkara harus menanamkan prinsip Tri Kaya Parisudha dengan selalu berpikir yang baik, berkata yang baik, dan bertindak yang baik sehingga perkara dapat diselesaikan dengan jalan damai dan saling menguntungkan semua pihak dengan jalan baik.
Pelatihan Mediator dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 25 Juli sampai 30 Juli 2018. Pelatihan ini akan lebih banyak memberikan praktik daripada teori dalam melaksanakan mediasi.
Di sadur dariĀ Universitas warmadewa

Video Bali TV

Please follow and like us: