Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Mengadakan Seminar Nasional Dengan Tema Peran Dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Sistem Perbankan Indonesia

Pada Tanggal 14 Mei 2018 Fakultas hukum Universitas Warmadewa mengadakan Seminar Nasional dengan tema Peran dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Sistem Perbankan Indonesia, Seminar nasional yang di selenggarakan atas kerja sama Fakultas hukum Universitas warmadewa dengan DPR-RI dan Bank Indonesia.

Mengumandangkan Lagu Indonesia raya
Mengumandangkan lagu Indonesia Raya.
Acara di buka dengan tari-tarian dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Dan sambutan Rektor Universitas Warmadewa yang di wakilkan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa, Dr. I Nyoman Putu BUDIARTHA,SH.,MH. yang sekaligus melaunching BI Corner di Universitas Warmadewa. Dekan mengatakan, topik ini sangat strategis untuk di diskusikan karena di saat ekonomi sedang tumbuh, ada usul melakukan revisi terhadap UU BI dalam rangka mengantisipasi percepatan ekonomi. Di saat bersamaan juga ada fenomena duniayang membuat nilai tukar rupiah anjlok.”Sehingga ini sangat cocok di diskusikan oleh kalangan DPR dan Perguruan Tinggi,”Ujarnya.
Penyerahan BI Corner yang di serahkan secara simbolis oleh perwakilan Bank Indonesia kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa, di saksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya.
penyerahan BI Corner yang di serahkan secara simbolis oleh perwakilan Bank Indonesia kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa

Setelah pemberian kata sambutan. Secara simbolis di adakan penyerahan BI Corner yang di serahkan secara simbolis oleh perwakilan Bank Indonesia kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa, di saksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Pemberian Materi oleh Anggota Komisi XI DPR RI
Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan, UU BI tahun 1999 dengan adanya perubahan di tahun 2004, dimana BI dengan kondisi saat ini, dalam fungsi menjaga stabilitas sistem keuanganmya perlu dievaluasi/diperbaiki.
Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan, UU BI tahun 1999 dengan adanya perubahan di tahun 2004, dimana BI dengan kondisi saat ini, dalam fungsi menjaga stabilitas sistem keuanganmya perlu dievaluasi/diperbaiki. “UU tersebut dengan melihat kondisi sekarang perlu diamandemen karena sudah cukup lama,” ujarnya. Karena flukuasi nilai tukar rupiah sangat penting dibicarakan. Mengingat selama ini ada hal-hal yang terkait dengan devisa bebas. “Ini tidak bisa saya ungkapkan sekarang karena sangat rentan sekali dengan situasi sekarang. Karena sudah ada pembicaraan  untuk melakukan amanedemen  UU BI,”
UU BI ini juga terkait dengan UU PPKSK, penugasan-penugasan yang diamanatkan dalam UU pencegahan dan penanganan krisis. Sistem keuangan sudah ada bersama-sama dengan LPS, OJK dan Kemenkeu. Oleh karena itu perlu juga ada UU pasar modal, asuransi karena berkaitan dengan UU OJK dan LPS.
Dr. I Nyoman Sujana, SH., M.Hum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Warmadewa memberikan materi
Dr. I Nyoman Sujana, SH., M.Hum, memberikan materi tentang Perlindungan Hukum Yang Berkeadilan Bagi Nasabah Bank Melalui Pengawasan Oleh OJK
Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan Dr. I Nyoman Sujana, SH., M.Hum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Warmadewa. Beliau memberikan materi tentang Perlindungan Hukum Yang Berkeadilan Bagi Nasabah Bank Melalui Pengawasan Oleh OJK. Beliau menyatakan “Karakteristik dari bisnis bank harus selalu match antara dana yang di terima dengan dana yang disalurkan sehingga unsur-unsur spekulatif harus di kesampingkan”.
Please follow and like us: